Cara Sembuhkan Sakit Kepala dengan Bernapas Lewat Satu Lubang Hidung

Sakit kepala itu mengganggu banget. Apalagi kalau sedang ada hal penting yang mesti dikerjakan.
Untuk menyembuhkannya, biasanya kita langsung meminum obat sakit kepala yang banyak di jual bebas di pasaran. Sembuh? Belum tentu!

Daripada minum obat tapi nggak tentu sembuh, kamu mesti coba deh terapi hidung yang namanya Nadi Shodhan Pranayama. Terapi ini diyakini bisa membantu meredakan skit kepalamu, seperti dikutip dari brilio.net dari Knowledge Bank, Kamis (30/4).

Tuhan menciptakan dua lubang hidung pada manusia dengan dua fungsi yang berbeda. Yang sebelah kanan bersifat matahari, fungsinya untuk mengeluarkan panas. Sedangkan yang kiri bersifat bulan, yang fungsinya untuk mengeluarkan dingin.

Untuk meredakan sakit kepala, cobalah kamu menutup hidung sebelah kanan, dan bernapaslah dengan hidung sebelah kiri selama kurang lebih lima menit. Maka sakit kepalamu akan berangsur-angsur menghilang. Jika kelelahan, bernapaslah dengan hidung sebelah kanan dan jangan lupa untuk menutup hidung sebelah kiri.

Bila kamu sering mengalami sakit kepala, cobalah untuk melakukan terapi ini. Sakit kepala yang sering terjadi memerlukan terapi hidung setidaknya sekitar satu bulan. Dengan melakukan terapi semacam ini, kamu akan mengurangi penggunaan obat-obatan.

Tapi kalau kamu punya riwayat penyakit pernapasan seperti sinus dan lainnya, jangan sekali-kali melakukan terapi ini ya. Jika sakit nggak kunjung sembuh, malah semakin menjadi-jadi, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter. Mungkin saja terjadi gangguan-gangguan yang lain.