Ketahui, Begini Cara Pengelola Masjidil Haram Bersihkan 143 Ton Sampah

Sebagai pusat kota suci Islam, Masjidil Haram, Mekah, dikunjungi ratusan ribu hingga jutaan umat muslim setiap tahunnya. Tak terbayangkan berapa banyak sampah yang terkumpul dari aktivitas umat yang beribadah.

Mengutip laman Saudigazette, Rabu, 1 Juli 2015, setiap hari tak kurang 143 ton sampah dikumpulkan dari Masjidil Haram, Mekah. Menggunakan 2.542 macam perlengkapan dan lebih dari 2.500 petugas kebersihan, kebersihan kiblat umat muslim ini tetap terjaga.

Maher Al-Zahrani, direktur Departemen Kebersihan dan Perabotan Masjidil Haram, mengatakan setiap hari ribuan pekerja melakukan tugasnya sementara jemaah melakukan tawaf dan sa'i di sekitar mereka.

"Departemen ini bertugas menjaga kebersihan dan kerapian Masjidil Haram demi kenyamanan para tamu Allah," kata Al-Zahrani.

Dia mengatakan saat ini Masjidil Haram telah dilengkapi dengan sekitar 17.000 karpet dari berbagai ukuran yang dapat ditingkatkan jumlahnya jika diperlukan.

Al-Zahrani memperingatkan agar jemaah tidak membawa makanan dan minuman ke dalam agar masjid bebas dari sampah.

"Jemaah dan pengunjung hanya diperbolehkan membawa air Zamzam, beberapa biji kurma dan kopi Arab untuk berbuka puasa di dalam Masjidil Haram," katanya.