Pemudik Wajib Tahu!! Jangan Terlena Jalan Mulus dan Lurus di Tol Cipali

Bagi pengendara mobil yang hendak mudik ke Jawa, ada jalan alternatif selain Pantura yaitu lewat Tol Cilapi. Lewat jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) ini bisa lebih hemat waktu daripada lewat Pantura.

Jalan tol terpanjang di Indonesia ini sangat mulus. Karena itu, pengendara agar hati-hati, jangan terlena karena nanti bisa bahaya.

Pada Senin (6/7) pekan ini, tim dari merdeka.com melakukan perjalanan di Tol Cipali. Perjalanan dimulai dari gerbang tol Cikopo yang menjadi pintu masuk Cipali. Memasuki gerbang tol Cikopo pengendara harus membayar tarif tol untuk perjalanan Jakarta-Cikopo, sesuai dengan jenis golongan kendaraan dan sekaligus menukar tiket untuk perjalanan selanjutnya. Dari pantauan terlihat tujuh gardu tol siap melayani pengendara menuju Palimanan.

Jika Anda melakukan perjalanan siang hari, cuaca terik matahari cukup panas karena minimnya pepohonan di sepanjang jalan. Di KM 60 jalan masih didominasi dengan aspal hot mix. Sepanjang mata memandang di sisi kanan kiri suasana pemandangan tanah tandus luas membentang. Namun, bila pengendara melakukan perjalanan di malam hari, pengendara disarankan untuk fokus karena penerangan masih minim dengan jalur yang lurus monoton.

Bagi pengendara yang lelah ingin beristirahat jangan khawatir, ada empat rest area arah Jakarta menuju Palimanan yaitu di KM 86, 102, 130, dan 164. Dari pantauan, rest area tersebut masih proses pengerjaan belum 100 persen sempurna, baik dari segi parkir maupun fasilitas publik seperti toilet dan rumah makan.

Jika Anda sudah sampai di KM 111, sudah bisa menemukan jalanan yang dilapis aspal cukup bagus. Mulai dari sini pengendara merasakan mengemudi dengan nyaman bebas hambatan. Tapi jangan terlena, konsentrasi penuh dan perhatikan kecepatan mobil jangan melampaui batas 80 KM/jam. Kondisi jalan yang mulus lancar mendorong pengemudi untuk menekan pedal gas lebih dalam sehingga kecepatan tak terkontrol, berakibat pada kecelakaan. 

Sekadar informasi, di malam hari sepanjang perjalanan tol Cipali tidak ada lampu penerangan kecuali di dekat gerbang tol. Kondisi jalan yang lancar dan monoton lurus juga berpotensi membuat pengemudi jenuh hingga menimbulkan rasa kantuk. Begitu pun dari segi lebar jalan tidak begitu luas karena hanya dua jalur sehingga bagi para pengemudi harus hati-hati jika ingin mendahului atau menyalip pengendara lain.