Terbongkar!, Ini 6 Khasiat Super Bawang Bagi Kesehatan

Komposisi bawang tak cuma memiliki kekuatan sebagai penyempurna rasa. Beberapa studi ilmiah menunjukkan senyawa bawang mampu melindungi saraf dan sistem kardiovaskular, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, melawan pertumbuhan berbagai jenis tumor, sekaligus membantu mempromosikan fungsi hormon yang sehat.
Hal ini tentunya sangat baik dalam hal kesehatan. Bawang berpotensi menurunkan kolesterol, menghambat pengerasan arteri, meningkatkan elastisitas pembuluh darah, dan membantu menjaga tekanan darah yang sehat. Seperti dilansir healthfoodteam.com, berikut enam khasiat lain dari bawang bagi kesehatan.
1. Menghangatkan
6 Khasiat Super Bawang Bagi Kesehatan
Bawang merah diketahui efektif untuk menghangatkan tubuh dari cuaca dingin. Anda bisa mengonsumnya langsung mentah-mentah atau merebusnya campurkan ke dalam secangkir teh dengan jahe atau madu.
2. Menurunkan demam
6 Khasiat Super Bawang Bagi Kesehatan
Bawang juga ampuh atasi masalah suhu tubuh. Anda yang sedang mengalami demam dianjurkan menggunakan bawang sebagai pengobatan sederhananya. Caranya mudah, Anda hanya perlu memotong beberapa kentang dan bawang dan menaruhnya di telapak kaki.
3. Menyembuhkan sakit telinga
6 Khasiat Super Bawang Bagi Kesehatan
Anda yang mengalami sakit pada telinga, cara ini patut untuk dicoba. Caranya, Anda hanya perlu menempatkan bagian jantung bawang di telinga Anda. Sifat anti-inflamasi yang kuat dari bawang secara signifikan akan mengurangi rasa sakit sekaligus melunakkan kotoran telinga, sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.
4. Menyembuhkan luka
6 Khasiat Super Bawang Bagi Kesehatan
Bawang ternyata tak hanya andal mengatasi masalah kesehatan bagian dalam tubuh. Bawang diketahui mampu menyembuhkan luka luar hanya dengan cara meletakkan sepotong bawang di atas luka untuk mencegah infeksi dan menghentikan pendarahan.

5. Menyembuhkan luka bakar
6 Khasiat Super Bawang Bagi Kesehatan
Setengah irisan bawang dapat menyembuhkan luka bakar. Anda hanya perlu meletakan irisan tersebut ke bagian luka selama dua menit.
Setelah itu, Anda bisa menyiapkan beberapa putih telur untuk diolesi ke daerah yang terbakar dan biarkan kering sampai membentuk lapisan. Kemudian, tutup bagian luka dengan perban bersih. Sehabis itu, Anda bisa membilas luka dan kembali mengganti perban. Hasilnya, luka bakar akan sembuh seketika tanpa bekas.

6. Meredakan sengatan lebah
6 Khasiat Super Bawang Bagi Kesehatan
Sifat anti inflamasi dari bawang dapat mengurangi pembengkakan dan antihistamin alami yang bekerja mencegah reaksi alergi dari sengatan lebah.