6 Hal yang Tidak Boleh Orang Tua Lakukan di Depan Anak

Sebagai orang tua, kita seharusnya tidak melakukan hal-hal yang buruk di depan anak kita. Segala hal yang dilakukan oleh orang tua dapat berpengaruh terhadap psikologi anak. Dan itu juga bisa membentuk kepribadian anak, karena anak-anak cenderung meniru atau mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tua mereka. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh orang tua di depan anak mereka.



1. Memukul seseorang

Anda tidak boleh memukul siapa pun di depan anak Anda. Itu akan menjadi contoh yang buruk untuknya.

2. Berteriak pada orang lain

Seperti halnya memukul, kita juga tidak boleh berteriak di depan anak-anak. Sebab mereka akan meniru perilaku itu di tempat lain.

3. Cuek pada suasana hati anak

Semua orang tua harus selalu memiliki waktu untuk mendengarkan anak-anak mereka. Jika tidak, anak Anda mungkin akan merasa diabaikan.

4. Tidak menghiraukan pendapat anak

Jika anak Anda mengungkapkan pendapatnya, jangan terburu-buru untuk menjawabnya, bahkan meski pendapatnya mungkin konyol. Coba ajak dia duduk bersama dan menjelaskan mengapa opininya tidak bisa Anda terima. Dengan begitu, Anda bisa mengajarkan kepada anak Anda untuk berpikir rasional.

5. Menggunakan bahasa kasar

Jangan pernah menggunakan bahasa kasar di depan anak Anda, karena dia akan menirunya. Sebagai orang tua, kita harus mengajarinya untuk selalu menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

6. Mengejeknya di depan umum

Jangan pernah mengejek anak di depan orang lain, khususnya saat kalian berada di tempat umum. Itu bisa membuatnya merasa tidak percaya diri ketika tampil di depan banyak orang.

Inilah enam hal yang sebaiknya tidak pernah Anda lakukan di depan anak Anda. Jika Anda ingin dia tumbuh jadi pribadi yang pemberani, bertanggung jawab, santun, dan cerdas, berikan contoh yang baik kepadanya. sumber: merdeka.com