6 Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing


Mungkin ada yang agak anti dengan daging kambing karena bau prengusnya yang menyengat. Padahal dengan pengolahan yang tepat, bau prengus daging kambing bisa loh dihilangkan.

Berikut ini beberapa tips menghilangkan bau prengus daging kambing:

1. Jangan cuci dagingnya

Biasanya daging harus dicuci bersih dahulu sebelum dimasak, tetapi kalau kita melakukan ini terhadap daging kambing, tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau prengusnya bisa semakin tajam.

Sebaiknya langsung rebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu baru bisa olah daging seperti biasa.

2. Rebus dengan rempah-rempah

Kalaupun lebih suka mencuci daging lebih dulu, sebaiknya rebus daging kambing yang sudah dicuci dengan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi.

Bisa juga merebus dengan rempah-rempah lainnya mulai dari bawang putih, ketumbar, asam gula, kapulaga, jahe, kunyit, sereh dan tidak ketinggalan cengkeh.

Sebab, kekayaan rempah dan cara memasak yang benar akan membuat daging kambing empuk, mudah digigit, yang pasti bisa menghasilkan aroma serta rasa yang lezat.

3. Balur parutan nanas

Selain rebus dengan rempah-rempah, bisa juga manfaatkan getah nanas yang bersifat tajam agar daging yang alot cepat melunak.

Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

Bisa juga menyiram daging yang telah dipotong dengan air panas terlebih dahulu, kemudian rendam daging dalam air hangat parutan nanas muda yang masih hijau, cukup 3-4 menit saja.

Baca juga: Khasiat Daging Kambing untuk Kesehatan

4. Bungkus dengan daun pepaya

Bisa juga membungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya, karena enzim dalam daun pepaya dapat membuat empuk daging kambing.

Selain daun pepaya, bisa juga menggunakan daun jambu atau dan jati.

5. Lumuri dengan jeruk nipis

Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau prengus daging kambing, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

6. Rendam dengan susu segar atau yoghurt

Untuk menghilangkan bau prengus yang tak enak, dapat juga merendam daging kambing dengan menggunakan susu segar, rendam semalaman, lalu pagi harinya tiriskan dan daging kambing siap untuk dimasak.

Bila memiliki yoghurt rasa tawar, dapat juga merendam daging kambing dengan yoghurt, yoghurt mengandung mikroorganisme yang baik, sehingga ketika memasak daging kambing akan lebih bersih dan juga kenyal saat dimasak.

Semoga tips ini bermanfaat.