Hati Hati Dan Waspadalah Penipuan Iklan Photo Hunting di Facebook Kini Beredar!!!




Kabar Netizen.com, Jakarta - Satuan Unit II Cyber Crime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya mengungkap kasus penipuan dengan menggunakan media sosial facebook.
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Mujiono mengatakan pihaknya mengamankan tersangka berinisial ER (35) di rumahnya di Cipambun, Kecamatan Babakan Madang, Sentul Bogor, Jawa Barat.
"Tersangka memasang iklan berjudul 'Lintas Negara Photo Hunting' dengan tema 'Culture Ethnic Concept' di akun facebook," kata Mujiono kepada wartawan, Senin (25/1/2016).
Pelaku berhasil menjerat dua orang korban yang tertarik untuk mengikuti acara tersebut. Bahkan korban sempat menyetorkan uangnya dengan cara transfer sebesar Rp9 juta.
Dalam akun facebook tersebut, tersangka membuat iklan event pemotretan di Kuala Lumpur, Malaysia pada 17-18 April 2015. "Dia juga menampilkan model iklan dengan mencantumkan nomer telepon di sana," katanya, Senin (25/1/2016).
Untuk biaya akomodasi dalam acara tersebut, pelaku mencantumkan harga sebesar Rp4,5 juta per orang selama dua hari di Kuala Lumpur," tuturnya.
Pelaku menjanjikan korban menginap di hotel dan berfoto dengan lima model pilihan, diantaranya dua orang model Indonesia dan tiga lainnya model dari Malaysia. "Korban merasa tertarik dengan iklan tersebut, sehingga korban memesan tiket untuk dua orang, berinisial AS dan DAD," katanya.
Korban yang tak sadar telah ditipu itu langsung mentransfer uang Rp 9 juta ke rekening BCA milik istri tersangka berinisial WW. Setelah uang ditransfer, nyatanya korban tidak diberangkatkan dengan alasan acara di Malaysia batal.
"Ketika korban meminta uang dikembalikan, tersangka sudah tidak bisa dihubungi lagi," kata Mujiono.
Dari tangan tersangka, petugas menyita beberapa barang bukti berupa telepon genggam yang kerap digunakan berkomunikasi dengan korban dan kartu ATM BCA yang digunakan untuk menari uang dari ATM.
"Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 28 ayat 1 Jo Pasal 45 (1) UU RI No 11 Tahun 2008 tentang UU ITE, ancaman hukuman enam tahun penjara atau denda Rp1 miliiar," tandasnya. [ton]

Sumber : http://metropolitan.inilah.com/read/detail/2269565/waspadai-penipuan-iklan-photo-hunting-di-facebook