Ingin Tubuh Sehat Selalu Selama Puasa? Hindari 4 Makanan Ini No 2 Harus Di Hindarilah Demi Kesehatan Kita Semua


Selama berpuasa, kita pasti tetap ingin memiliki tubuh sehat dan bugar selalu. Untuk itu, sangat disarankan bagi kita yang menjalankan puasa untuk selalu menjaga pola makan dan memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi selama berpuasa. Dikutip dari laman emirates247.com, agar tubuh sehat dan bugar kita perlu memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi seperti halnya buah dan sayur.

Kita juga sangat disarankan untuk minum air putih cukup saat berbuka dan makan sahur. Tak boleh ketinggalan, kita juga disarankan untuk menghindari beberapa makanan yang bisa memicu sakit atau rasa haus berlebih saat puasa di siang hari. Untuk beberapa makanan yang perlu dihindari selama berpuasa antara lain adalah sebagai berikut.
  • Makanan Asin

    Makanan pertama yang perlu dihindari selama berpuasa adalah makanan yang terlalu asin. Kenapa makanan asin perlu dihindari? Hal ini terjadi karena makanan asin bisa membuat kita mudah merasa haus. Tak hanya itu saja, makanan asin juga cenderung membuat kita makan dalam porsi banyak. Padahal, makan dalam porsi banyak selama puasa ini juga bisa membuat kita rentan terhadap sakit dan sistem pencernaan pun tidak bisa bekerja dengan baik.
  • Makanan Terlalu Manis

    Makanan selanjutnya yang perlu dihindari selama berpuasa adalah makanan yang terlalu manis. Makanan yang terlalu manis dan dikonsumsi saat malam yakni saat waktu buka puasa dan sahur dipercaya bisa meningkatkan risiko diabetes. Kalau mau sehat selama berpuasa, usahakan untuk tidak terlalu berlebihan konsumsi makanan manis. Meski saat buka puasa disunahkan memulai makan dengan makanan yang manis, pastikan bahwa kamu makan makanan manis secukupnya.
  • Makanan Pedas dan Asam

    Makanan ketiga yang disarankan untuk dihindari selama berpuasa adalah makanan pedas dan asam. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa kedua jenis makanan ini sangat berbahaya bagi kesehatan pencernaan jika kamu terlalu sering mengonsumsinya selama puasa.
  • Makanan dan Minuman Mengandung Kafein

    Untuk makanan dan minuman selanjutnya adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein. Usahakan untuk menghindari ini selama puasa. Terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman kaya kafein bisa membuat tubuh menjadi tidak sehat.
Ladies, itulah sedikitnya empat makanan yang perlu dihindari selama puasa. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga sangat perlu dihindari adalah makanan yang berlemak jenuh tinggi, soda berlebih, makanan dan minuman beralkohol serta makanan juga minuman yang mengandung nikotin. Semoga informasi ini bermanfaat dan kita pun semakin pandai juga bijak dalam memilih menu makanan untuk buka serta sahur puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.