TERBONGKARNYA!!! Facebook tidak boleh memberitahu penggunanya bahwa data mereka sedang diselidiki oleh pemerintah



Facebook melaporkan, 60 persen dari permintaan pemerintah akan data penggunanya disertai dengan perintah untuk tutup mulut, yang berarti, Facebook tidak boleh memberitahu penggunanya bahwa data mereka sedang diselidiki oleh pemerintah.

Ini adalah kali pertama Facebook mengeluarkan statistik ini. Menurut Engadget, Facebook dapat mengumumkan hal ini karena adanya perubahan dalam peraturan di AS.

Sementara itu, pemerintah masih berdebat dengan perusahaan teknologi -- salah satunya Microsoft -- tentang apakah pengguna yang datanya sedang diselidiki oleh pemerintah harus diberitahukan bahwa data miliknya sedang diselidiki.

Microsoft menyebutkan, dengan melarang perusahaan teknologi untuk memberitahu pelanggan bahwa datanya sedang dicari, pemerintah telah melanggar Amandemen Konstitusi Pertama dan Keempat.

Dalam laporan ini, Facebook juga menyebutkan bahwa permintaan pemerintah akan data penggunanya meningkat sebesar 13 persen di semester kedua 2015. Jumlah post yang disensor berdasarkan aturan lokal sebuah negara juga meningkat.

Salah satu alasan dari peningkatan jumlah post yang disensor adalah karena banyaknya jumlah postyang beredar terkait serangan di Paris. Banyak gambar yang dianggap melanggar peraturan Perancis mengenai perlindungan terhadap harga diri manusia. Karena itulah, akses ke foto-foto tersebut dibatasi.

Facebook juga meyakinkan bahwa mereka tidak memberikan backdoor atau akses langsung pada pemerintah mengenai informasi penggunanya. Mereka menekankan bahwa setiap permintaan yang dibuat oleh pemerintah selalu diteliti terlebih dulu sebelum dipatuhi.

"Kami juga akan bekerja sama dengan rekan di industri dan komunitas masyarakat untuk mendorong pemerintah di berbagai negara untuk mengubah peraturan pengawan masyarakat sehingga peraturan tersebut akan melindungi keamanan masyarakat mereka dan di saat yang sama, menjaga hak dan kebebasan mereka," kata Facebook.


(MMI)

http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/VNx9668b-pemerintah-as-makin-rajin-minta-data-pengguna-ke-facebook