Terungkap!! Ternyata Inilah Ibadah Tersembunyi yang Dicintai Allah SWT - Mengejutkan!!



Artikel kali ini dapat menjadi motivasi bagi kita untuk melakukan segala amalan baik, sekecil apapun itu. Percayalah bahwa sekecil apapun amalan baik yang kita lakukan, maka Allah akan mencatatnya sebagai kebaikan pula. Begitu juga sebaliknya. Sekecil apapun amal buruk, maka akan tetap dicatat sebagai amalan buruk pula.
Dalam sebuah surat disebutkan bahwa sesungguhnya orang yang beramal saleh dan beriman, maka Allah akan menanamkan di dalam hati mereka dengan rasa kasih sayang.

Rasulullah pernah bersabda bahwa ketika Allah mencintai seorang hamba-Nya maka Dia akan memanggil Jibril lalu berfirman bahwa Allah mencintai si Fulan maka Dia memerintahkan malaikat Jibril untuk mencintainya pula. Dari situlah semua malaikat di langit akan mencintai si Fulan karena ibadah yang paling dicintai Allah.

Betapa senangnya jika nama kita disebut-sebut di langit, sementara kita dapat hidup di dunia dengan nyaman, makan, minum, dan tidur.

Sebuah riwayat mengatakan bahwa siapa saja yang dapat melakukan amal shaleh secara tersembunyi maka lakukanlah.

Terdapatberbagai macam ibadah yang tersembunyi, yakni membiasakan shalat malam meskipun hanya satu rakaat kemudian witir setiap malam. Kita dapat melakukan shalat ini sebelum tidur atau sesudah Isya’ atau bisa juga sebelum fajar agar dicatat sebagai ibadah dari bangun malam.

Rasulullah pernah bersabda bahwa sesungguhnya Allah itu ganjil sehingga menyukai yang ganjil. Oleh karena itu, lakukanlah shalat witir atau ganjil dan membaca AL-Qur’an.

Amalan lainnya adalah mendamaikan dua orang yang sedang berseteru, baik teman, tetangga atau bahkan suami istri. Rasulullah bertanya apakah para sahabat ingin tahu, amalan apa yang lebih besar pahalanya dibanding puasa, shalat, dan sedekah.

Ternyata mendamaikan dua orang yang berseteru memiliki pahala yang lebih besar dari ketiga ibadah tersebut.

Selain itu, memperbanyak dzikir pada Allah juga bisa dilakukan. Rasulullah pernah bersabda bahwa berdzikir dengan mengingat Allah merupakan amalan yang paling suci, paling baik, dan paling tinggi di sisi Allah.

Amalan lainnya adalah bersedekah secara diam-diam. Bersedekah dengan diam-diam dapat meredakan murka Allah. Apabila shalat Fajar, biasanya Abu Bakar pergi ke padang pasir dan kembali lagi sebentar ke Madinah. Suatu ketika Umar bin Khatab mengikutinya karena penasaran. Ternyata ia berkunjung ke sebuah tenda kumuh di tengah padang pasir. Abu Bakar bersembunyi di belakang batu dan kemudian ia keluar dari tenda itu tak berapa lama.

Setelah Abu Bakar pergi, Umar pun masuk ke dalam tenda itu. Ternyata ada seorang wanita yang buta dan tua dengan bayinya yang masih kecil. Umar menanyakan siapa yang mendatanginya tadi. Wanita itu menjelaskan bahwa ia tidak tahu siapa orang itu, tapi yang jelas ia selalu mendatangi wanita itu tiap pagi. Orang itu masuk dan menyapu rumahnya, mencampur adonannya dan memerah susu ternak mereka kemudian keluar lagi. Inilah amalan yang dilakukan oleh Abu Bakar secara diam-diam. Sungguh mulianya ibadah yang tersembunyi.

Berdasarkan penjelasan ibadah diam-diam yang disukai oleh Allah ini, kita dapat mengambil pelajaran bahwa beramal saleh tidak harus menampakkannya pada orang lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya rasa riya’ akibat perbuatan baik yang dilakukannya sehingga dapat mengurangi pahala yang didapatnya. Terdapat banyak berkah yang bisa kita dapatkan dari beramal saleh secara diam-diam ini.

Sumber : kumpulanmisteri.com
https://tausiah-pedia.blogspot.com/2016/06/terungkap-ternyata-inilah-ibadah.html#