Wajib Tahu! Lele Ikan Paling Kotor, Satu Suap Mengandung Tiga Ribu Sel Kanker - Ini Penjelasannya Tolong Sebarkan



Siapa yang tidak tahu dengan lele, ikan yang satu ini merupakan favorit bagi banyak orang karena memiliki rasa yang enak dan memiliki tekstur daging yang lembut, namun ternyata lele ikan paling kotor, satu suap mengandung tiga ribu sel kanker. Benarkah itu?
Lele Ikan Paling Kotor, Satu Suap mengandung Tiga Ribu Sel Kanker, Inilah Penjelasannya
Lele merupakan salah satu menu makanan favorit dan bahkan di setiap warung makan selalu tersedia menu ini karena harganya yang cukup murah dan enak dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan yang satu ini. Meskipun enak dan murah, Lele ikan paling kotor diantara jenis ikan lainnya yang sering dikonsumsi oleh manusia. Mengapa demikian? berikut penjelasannya:

1. Kolam lele sangat kotor dan dikelilingi oleh kandang ayam dan babi
Menurut seorang peternak lele dari Tiongkok bernama Zhang Ri-hong mengaku bahwa dirinya telah memasok banyak lele ke pasar-pasar dan rumah makan dipinggir jalan di provinsi Hainan tepatnya di Haikou yang dipanennya 3 bulan sekali.

Karena banyak keluhan dari masyarakat maka wartawan menelusuri tentang ikan tersebut dari departemen perikanan dan kelautan setempat. Para wartawan mengambil sampel tambak dari 7 kolam yang menampung lele tersebut. Ketujuh tambak tersebut dikelilingi oleh kandang ayam dan babi, sedangkan di tengah tambak tersebut terdapat banyak tumpukan sampah. Para peternak ikan tersebut dihimbau menangguhkan penjualan ikan mereka sebelum hasil tesnya keluar.

2. Lele adalah ikan yang mengkonsumsi limbah
Lele merupakan jenis ikan yang mudah berkembang biak di tempat-tempat yang kotor karena ikan ini mengkonsumsi limbah berupa kotoran hewan seperti ayam, sapi, dan babi, bahkan ikan ini juga dapat mengkonsumsi kotoran manusia. Sehingga dapat dimungkinkan bahwa dalam tubuh ikan lele mengandung tiga ribu sel kanker yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia.


Itulah beberapa informasi tentang ikan lele yang berada di Tiongkok, namun di Indonesia ikan ini telah dibudidayakan dengan baik oleh para peternak ikan lele dan mereka menggunakan pellet sebagai makanannya bukan menggunakan limbah yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Sehingga mengkonsumsi ikan lele di Indonesia tidak perlu diragukan kebersihannya, namun sebagai konsumen yang bijak kita harus tetap waspada dengan kandungan ikan ini dan tidak perlu mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar secara rutin karena dapat mengganggu kesehatan kita.

Terlepas dari semua itu, adakah manfaat sehat lele? ternyata ikan yang satu ini selain enak juga mengandung beberapa zat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Berikut adalah 4 manfaat dalam ikan lele:

1. Menyehatkan jantung dan otak
Ikan lele mengandung omega-3 dan omega-6 yang biasa terkandung dalam ikan-ikan mahal seperti ikan kod dan ikan salmon. Kandungan omega-3 dan omega-6 dapat membantu aktivitas kesehatan jantung dan otak, dan ternyata dalam seporsi ikan lele mengandung 220 mg omega-3 dan 875 mg omega-6.

2. Mengandung protein dengan kualitas yang baik
Dalam seporsi ikan lele mengandung 15,6 gram protein yang sangat bermanfaat dalam pembentukan jaringan otot dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Mengandung vitamin B-12
Seporsi ikan lele mengandung vitamin B-12 yaitu sekitar 40% kebutuhan dalam tubuh. Vitamin ini berguna dalam membantu menguraikan makanan menjadi energi bagi tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi makanan ini dapat menjadikan tubuh lebih kuat.

4. Mengandung DHA
Bagi ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan lele karena ikan ini mengandung DHA yang baik untuk pembentukan saraf bayi dan juga ikan ini memiliki kandungan mercury yang sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa informasi seputar lele ikan paling kotor, satu suap mengandung tiga ribu sel kanker, namun ternyata ikan ini juga memiliki nilai gizi yang tinggi jika dibudidayakan dengan baik.

Sumber http://www.cahayatasbih.com/2016/03/wajib-tahu-lele-ikan-paling-kotor-satu.html