WANITA!!!, Cerdaslah dalam Mencintai Agar Kamu Tidak Dikhianati

Dikhianati itu sakit. Kamu pernah mengalaminya? Coba ingat deh gimana rasanya saat itu ketika dia mengkhianatimu. Mengkhianati disini tidak melulu tentang perselingkuhan ya. Ketika dia meninggalkanmu tanpa alasan yang kuat dan kamu masih sangat mencintainya, itu juga pengkhianatan. Apalagi kalau belum lama setelah putus kamu mendengar kabar bahwa dia punya gandengan baru. Coba, gimana rasanya? Murka banget pasti kan.
Semoga saat ini kamu berada dalam kondisi yang sudah stabil, sudah berhasil move on. Atau bahkan sudah melalui masa kelam itu dengan baik sampai akhirnya kamu bersedia membuka hati untuk lelaki baru. Kini kamu telah menjalani lembaran baru dengan dia.
Setelah tau betapa sakitnya dihianati dan ditinggalkan begitu saja, seharusnya kita belajar. Gak mau kan sakit lagi untuk kedua kali? Makanya, di hubungan selanjutnya kita harus memperhatikan beberapa hal ini supaya tidak mengalami sakit serupa. Intinya, sebagai wanita kita harus cerdas dalam mencintai supaya tidak dihianati. Seperti apa dong cerdas dalam mencinta?

Jangan berikan segalanya, karena itu hanya akan membuatmu semakin “gampang” di matanya

Mencintainya tanpa kehilangan logika (illuminatephotography.co.za)
Sebagai perempuan, ada satu hal yang tidak boleh kita tinggalkan: harga diri. Bagaimana cara menjaga harga diri kita di depan pria? Yaitu dengan tidak memberikan segala yang kita punya untuknya. Sadarlah bahwa semua lelaki adalah mahluk yang memiliki hasrat tinggi. Tapi kita tidak boleh kehilangan kewarasan dengan menuruti semua kemauannya. Kita harus sadar atas batasan-batasan tertentu yang tidak boleh kita lakukan sebelum dia benar-benar menjadi pasangan hidup atau suami kita. Jika kamu tidak bisa menjaga batasan itu, dia akan merasa kamu sangat mudah untuk didapatkan. Padahal, sesuatu yang mudah didapatkan akan sangat mudah pula untuk ditinggalkan, bukan?

Jangan meminta segalanya, karena itu membuatmu tidak dewasa

Sikap yang membuat lelaki berpikir berkali-kali untuk bertahan (www.catherinebruns.com)
Begitu pula sebaliknya, jangan memintanya terlalu banyak. Dia belum jadi suamimu. Dia belum bertanggungjawab sepenuhnya atas dirimu. Maka, pahamilah apa yang mereka inginkan darimu, seorang wanita. Dia tak mau selalu kamu andalkan untuk mengurusi urusanmu, dia ingin kamu punya sisi mandiri. Dia tidak bisa kamu manfaatkan untuk menopang hidupmu, menuruti semua keinginanmu, mencukupi kebutuhanmu. Itulah yang harus kamu lakukan jika tidak ingin dia meninggalkanmu. Kesadaran bahwa dia belum jadi milikmu seutuhnya dan tidak ada hak darimu untuk memaksanya memberikan segalanya untukmu.

Seperti kamu, dia pun butuh keceriaan. Maka kurangilah bersikap drama

Jangan terlalu drama, please (officialmeisya.files.wordpress.com)
Percayalah, tidak ada satupun pria yang tahan dengan wanita yang hobinya ngamuk dan ngambek gak jelas. Kamu pasti pengen kan punya kekasih yang bisa membuatmu ceria, bisa menghiburmu di saat sedih, bisa membuatmu tertawa bahagia? Begitu pula dia. Capek dong laki-laki jika harus menghadapi sikapmu yang drama banget. Maka, bahagiakanlah dia jika ingin dibahagiakan olehnya. Kemauan untuk saling membahagiakan inilah yang akan menghindarkanmu dari penghianatan.

Hidupmu tidak hanya tentangya, begitu pula dengan hidupnya yang tidak hanya tentangmu

Saling mendukung satu sama lain (pmcvariety.files.wordpress.com)
Berilah dia ruang untuk melakukan urusan-urusan selain tentangmu. Biarkan dia menikmati hobinya, menikmati kebersamaan dengan teman-temannya. Jangan selalu kamu penjara dengan urusan hati antara kamu dan dia. Beri dia kepercayaan, tapi bukan pengabaian. Tetap curahkan perhatianmu untuknya. Tapi tidak untuk memenjaranya hingga tidak bisa melakukan apapun selain denganmu. Kamu punya tujuan hidup, dia pun punya tujuan hidup. Yang perlu dilakukan adalah meleburkan tujuan hidup masing-masing menjadi satu, bukan memaksa salah satu pihak untuk mengikuti tujuan hidup pihak lain dan tidak memberinya ruang untuk menjalani tujuan hidupnya sama sekali. Kalau aku jadi cowok, pasti milih untuk milih perempuan lain deh. Daripada sama perempuan yang menang-menangan kayak gitu.

Ingat, wanita tidak selalu benar. Lelaki tidak selalu salah

Bahagia bersama (www.jasmineleephotography.com)
Sudah jadi rahasia umum kalau wanita lebih sering membuat laki-laki merasa salah. Wanita punya senjata berupa air mata untuk meminta laki-laki mengalah. Wanita selalu mengatakan wahwa laki-laki gak peka, gak sensitif. Kalau udah ngambek maunya dirayu. Kalau ada masalah pasti larinya ke nangis, sehingga membuat laki-laki tidak berkutik. Tapi ingat, laki-laki manapun gak akan tahan kalau dipojokin terus. Toh hubungan adalah soal saling memberi satu sama lain. Bukan salah satu memberi sedangkan pihak lain selalu menerima. Jadi please, stop sifat kita yang ini. Kita gak selalu benar dan laki-laki tidak selalu salah bukan?