WASPADA! Penipuan Yang Mengatasnamakan Operator! Penipuan Di Balik Promosi Operator Telepon Selular?



Akhir-akhir ini semakin banyak bermunculan iklan-iklan promosi tarif murah dari berbagai operator telepon selular. Inti dari setiap iklan mereka adalah mereka secara tidak langsung ingin mengatakan kalau “Operator kami yang paling menguntungkan Anda. Pakailah operator kami sekarang!”. Sayangnya, untuk menarik pelanggan, mereka terkadang melakukan segala cara, termasuk di antaranya “tipuan terselubung” di dalam setiap iklan mereka.
Mengapa saya mengatakan tipuan terselubung? Karena mereka tidak mengungkapkan promosi mereka secara detail, tetapi hanya mengungkapkan sisi baiknya saja, dan menyimpan sisi lainnya dan membungkusnya di dalam sebuah tanda * (yang berarti – syarat dan ketentuan berlaku). Dan, lebih parahnya lagi, seringkali (bahkan hampir selalu), syarat dan ketentuan itu tidak tercantum di iklan mereka, tetapi hanya ada di website mereka.
Saat ini saya akan berusaha mengungkapkan secara objektif, apa saja iklan yang mereka tawarkan, bagaimana kenyataan sebenarnya, dan bagaimana pandangan saya. Pada bagian pertama ini, saya akan mengulas mengenai promosi operator Mentari.

Mentari
Operator ini terkenal dengan program yang sangat mengejutkan orang di awalnya. Bagaimana tidak terkejut, jika melihat iklan dengan bunyi seperti ini:
Ada yang lebih murah? Cuma Rp 0. Freetalk 5000. Ngobrol sepuasnya! Ayo itung lagi!
Kalau orang yang pertama melihat iklan itu pasti akan menyangka kalau setiap kali telepon akan gratis. Lho, kan Rp 0, jadi gratis dong? Memang demikian jika kita lihat dari iklannya, namun ternyata bagaimana kenyataannya? Mari kita lihat deskripsi & syarat program ini di website Mentari. Bunyinya seperti berikut:
Deskripsi Program:
Free talk 5.000 adalah program Gratis bicara sebesar Rp 5.000,- setiap hari setiap pemakaian Rp 5.000,- pada hari yang sama.
Terms & Conditions:
  1. Berlaku bagi semua pelanggan Mentari aktif.
  2. Periode waktu pengumpulan pemakaian Rp. 5.000 pukul 00.00 – 24.00 waktu setempat untuk pemakaian voice & sms (kecuali sms premium) ke seluruh operator.
  3. Periode waktu penggunaan bonus Freetalk Rp. 5.000 pada hari yang sama pukul 00.00 -24.00 waktu setempat untuk pemakaian voice ke Mentari, IM3 & Matrix.
  4. Bonus FreeTalk dapat digunakan pada tarif Mentari yang berlaku (termasuk Hebat Ber5) kecuali Pulsa Lokal Luar Biasa Hemat Rp. 50/30 detik.
Nah, sekarang baru ketahuan belangnya… Ternyata, gratis yang dimaksud itu adalah “kita pakai Rp 5000, kita dapat 5000 tambahan, jadi yangtambahan itu gratis dong?”. Satu belangnya sudah terlihat, ternyata untuk mendapatkan bonus itu, minimal harus pakai Rp 5000 dulu dalam 1 hari. Itu mah bukan gratis namanya!
Lebih daripada itu, ada lagi belang berikutnya, “bonusnya cuma bisa dipakai di hari yang sama. Kalau uda besok, ya bonusnya hangus…”. Nah, ini akan memaksa orang-orang menjadi konsumtif (kalau saya dapet bonus, masa ga dipakai sih? Meskipun ga ada kepentingan, pakai aja deh, ngapain gitu, daripada besok hangus…).
Ternyata masih ada belang ketiga! “Bonusnya cuma bisa dipakai ke sesama Mentari”. Inilah trik mereka untuk menarik pelanggan untuk pakai Mentari. Jadi kesimpulannya, kalau sehari ga pake minimal Rp 5000 dan ga memakai bonusnya untuk menelepon sesama Mentari, itu sama aja ga dapet bonus (besok akan hangus, tidak akumulatif!). Dengan kata lain, di dalam merancang iklan, mereka (Mentari) mengasumsikan pelanggan memakai bonusnya dengan optimal dan pelanggan memandang itu dari sisi yang sangat positif.
Selain itu, ada lagi program lain dari Mentari. Iklannya berbunyi sebagai berikut.
Mentari Gratis 1 menit pertama!
Lalu bagaimana dengan syarat dan ketentuan yang berlaku (yang tentunya tidak tercantum di iklan):
  1. Gratis 1 Menit Pertama berlaku dari pukul 05.00 – 17.00.
  2. Untuk pelanggan di pulau Jawa, Gratis 1 Menit Pertama diberikan maksimum 10 kali panggilan/hari
  3. Untuk tujuan lokal ke sesama anggota Hebat Ber-5 selama Masa Aktif Bonus ini berlaku.
  4. Registrasi Hebat ber-5 dapat dilakukan dengan cara ketik: reg(spasi)no. hp tujuan kirim ke 6060.
  5. Untuk pelanggan di luar pulau Jawa, Gratis 1 Menit Pertama diberikan maksimum 20 kali panggilan/hari untuk tujuan lokal ke seluruh nomor Mentari, IM3 dan Matrix selama Masa Aktif Bonus ini berlaku.
  6. Bonus Gratis 1 Menit Pertama tidak dapat digunakan apabila pelanggan sedang tidak berada di daerah asalnya (kondisi roaming).
  7. Untuk menjaga kualitas dari jaringan yang ada, skema dari program ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi yang berlangsung.
  8. Jika terdapat perubahan skema, akan diinformasikan kepada masyarakat melalui media portal di alamathttp://www.indosat.com/mentari.
Nah, sekali lagi, seperti yang telah saya duga, Mentari takkan rela memberikan pelanggannya keuntungan menelepon gratis 1 menit pertama begitu saja. Ternyata gratis 1 menit pertama ini hanya berlaku (hanya) untuk 10 panggilan setiap hari (di daerah saya, di Jakarta), berlaku dari jam 5 pagi sampai jam 5 sore, dan bahkan… hanya berlaku untuk panggilan ke sesama anggota hebat ber-5! (Kalau ada yang belum tahu tentang anggota hebat ber-5, itu adalah 5 nomor Mentari yang dapat didaftarkan oleh setiap pelanggan). Memang, 5 orang itu bisa diganti setiap saat dengan mengirimkan SMS, tapi kan harus menunggu aktivasi dulu beberapa menit (ga lucu kan, mau nelepon harus daftarin nomor dulu, nunggu aktivasi beberapa menit, baru nelepon… cuma buat dapetin gratis 1 menit pertama, itupun hanya ke nomor Mentari.).
Yah, intinya mereka (Mentari) akan melakukan segala cara untuk menarik sebanyak mungkin pelanggan, termasuk salah satu (mungkin yang utama) caranya adalah dengan penipuan (terselubung) ini…
Hmm, ternyata ulasan untuk satu operator saja sudah cukup panjang. Saya pun sudah capek menulis, hhh… Mungkin saya akan mengulas operator lainnya di lain kesempatan. Rencananya, berikutnya saya akan mengulas operator XL yang juga termasuk gencar berpromosi.
~Pintar-pintarlah dalam memilih operator, jangan mudah termakan promosi di iklan dengan billboard yang besar-besar. Bacalah dahulu syarat dan ketentuan berlaku😉
Bersambung…

Sumber by https://charleschristian.wordpress.com/2008/02/07/ada-apa-dibalik-promosi-telepon-selular-part-1-mentari/#more-35