Kamu yang 'Pemula', Ini Nih 10 Cara Mudah Main Pokemon Go!



Pokemon Go bisa dikatakan menjadi bagian dari masyarakat di dunia saat ini. Sejak diluncurkan di beberapa negara dan tersebarnya versi 'bajakan' minggu lalu, game ini telah digandrungi orang-orang dari berbagai kalangan. Bisa dikatakan generasi yang tidak menyaksikan sampai menonton serial Pokemon pun ikut bermain.

Nah, buat kamu yang ingin ikut 'hits' dengan Pokemon Go tapi belum paham tentang game maupun serialnya, IDNtimes berikan tips mudah bermain untuk pemula!
1. Menemukan pokemon 'legendaris', Pikachu.
imore.com

Setelah kamu install, untuk Indonesia masih versi 'bajakan' atau apk, kamu akan diminta mengisi tanggal lahir dan log in. Kemudian, semua data-data terisi, kamu akan diminta untuk membentuk karakter dan nama. Setelah itu, kamu harus diberi pilihan tiga Pokemon yang juga terkenal, yakni Bulbasaur, Charmander dan Squirtle.

Nah, ketika pilihan itu ada di depanmu, jangan memilih salah satu dari ketiganya, terutama jika kamu menginginkan Pikachu. Kamu harus berjalan menjauhi tiga pilihan itu. Selama berjalan kamu akan terus diberikan opsi memilih Bulbasaur, Charmander dan Squirtle, tapi tetap jangan ditangkap. Teruslah berjalan sampai muncul Pikachu.
2. Barang-barang gratis di toko.
youtube.com

Ya, jika kamu telah membuka bagian toko atau shop di Pokemon Go, kamu akan melihat barang-barang yang dijual dengan satuan koin. Nah, kamu yang gak punya koin pun tetap bisa mendapat barang gratis dalam toko. Lihat pojok kanan yang berbentuk seperti tameng dan klik tombol itu. Nah ketika kamu klik, akan ada barang-barang gratis yang bisa kamu ambil. Namun, tombol itu hanya bisa ditekan satu kali sehari. Jika kamu telah melewatkannya beberapa hari, maka dalam tameng akan bertuliskan angka yang tunjukkan berapa hari kamu tidak menekannya dan barang gratis yang kamu terima akan semakin banyak. Ohh iya, barang gratis ini cuma bisa didapatkan oleh kamu yang sudah pernah bertanding di gym ya.
3. Cara menangkap pokemon dengan tidak biasa (curveball).
techinsider.io

Nah, kamu bisa lho menangkap Pokemon dengan teknik yang sama seperti di serialnya. Kalau dalam film akan terlihat ketika poke ball dilempar akan bergerak dan berbelok (curveball). Hal itu juga bisa kamu lakukan di Pokemon Go dan XP dari pokemon incaranmu akan semakin tinggi. Caranya tahan poke ball sambil diputar-putar. Tunggu sampai poke ball mengeluarkan sinar dan langsung kamu lempar!

Namun, teknik ini pasti menghabiskan poke ball cukup banyak. Kesempatan untuk gagal lebih tinggi ketimbang melempar dengan teknik biasa. Maka dari itu, kamu harus punya kemampuan lempar yang presisi.
4. Bagaimana kalau aplikasi dimatikan?
aminoapps.com

Kamu akan berpikir kalau aplikasi ini akan memberikan notifikasi Pokemon di dekat seperti saat dimainkan. Namun, Pokemon Go tidak akan melakukan itu kalau aplikasi tidak diaktifkan. Ya, ketika Pokemon Go tidak kamu buka, otomatis segala kegiatan di aplikasi tidak akan berjalan.

Baca Juga: Setelah Pokemon Go, Kini Giliran Yu-Gi-Oh yang Hadir di Dunia Nyata
5. Kekalahan membuat Pokemon 'berevolusi'.
idigitaltimes.com

Ya, hal lain yang harus kamu tahu adalah adanya Pokemon Gym, lokasi kamu bisa bertemu grup dan bertarung dengan Poke Master lainnya. Nah, di situ, kamu yang masih pemula akan kesulitan menghadapi pemain lain yang sudah level lebih tinggi dengan Pokemon XP tinggi. Nah, jangan khawatir, kekalahan itu hal biasa.Justru dengan kekalahan itu, Pokemonmu akan kembali dengan tenaga dan kemampuan yang lebih baik. Hal tersebut dapat kamu lengkapi dengan memberi yellow potions yang ada di item atau kamu beli di shop.
6. Kamu 'mager'? Tunggu saja Pokemon akan datang sendiri!
ibtimes.co.uk

Realitas visual yang ada di peta atau Google Maps membuat Pokemon terus bergerak. Pengembang Pokemon Go, Niantic juga mengikuti siklus di Google Maps. Maka, jika kamu hanya berdiri dalam satu tempat, akan ada Pokemon yang secara tidak sengaja mendekat atau lewat dekatmu. Dari situ kamu juga akan bisa menangkap Pokemon.

Namun, cara ini tidak akan membuatmu dapat Pokemon banyak dan beragam dalam waktu cepat dibanding yang berjalan-jalan. Nah, sekarang pilihanmu sih!
7. Menamai Pokemonmu sendiri.
polygon.com

Kalau kamu bosan dengan nama 'Pikachu' kamu bisa mengubahnya jadi 'Paijo' atau 'Pipi', terserah kamu. Ketika kamu telah menangkap Pokemon akan keluar opsi untuk mengganti nama Pokemon.
8. Kamu pasti sudah dengar soal Gym Leader, mau tahu cara jadi pemimpin?
kotaku.com.au

Ya, Pokemon Gym akan membutuhkan pemimpin yang kuat. Kamu bisa saja jadi orang baru yang menggantikan pemimpin di gym lokasi grupmu. Namun, kamu juga harus punya Pokemon kuat dan level yang tinggi.
9. Klub Pokemon yang harus kamu tahu.
imgur.com

Ada tiga klub Pokemon yang bisa kamu masuk. Ketiganya ditandai dalam tiga warna, Kuning (Instinct), Merah (Valor) dan Biru (Mystic). Nah, kamu bisa tahu klub mana yang cocok dengan dirimu sendiri lewat kuis ini.
10. Memasang Lure Module untuk membuat para Pokemon mendekat padamu dan teman-teman.
nrn.com

Ketika kamu berada di Poke Stop, kamu bisa praktikkan teknik menangkap yang berdiri di satu tempat. Kamu bisa memasang Lure Module yang tersedia di Poke Stop. Tekan kotak putih di atas foto Poke Stop, kemudian pasang module untuk memikat para Pokemon.

Nah, cara-cara ini bisa kamu praktikkan sekarang juga kalau baru install Pokemon Go! Selamat bermain, catch 'em all!

Sumber http://www.idntimes.com/erwanto/cara-mudah-bermain-pokemon-go