Paksa User Gunakan Moments, Facebook akan Hapus Foto Secara Mendadak 2016 Ini


Jakarta - Semua foto-foto yang disinkronisasi Facebook dari ponsel akan dihapus. Ini adalah cara Facebook memaksa pengguna agar menggunakan aplikasi Moments.

Seperti dilansir The Verge, Jumat (10/6/2016), sinkronisasi foto diperkenalkan Facebook pada 2012. Fitur opsional ini secara otomatis meng-upload foto-foto di ponsel ke private album. Sinkronisasi ini ditujukan untuk memudahkan pengguna ketika sewaktu-waktu ingin membaginya secara online. 

Namun kemudian, fungsi ini bertabrakan dengan kemunculan Moments di perangkat iOS dan Android. Diperkenalkan Juni 2015, Facebook mendorong pengguna untuk men-download dan menggunakannya. 

"Aplikasi ini mengelompokkan foto berdasarkan siapa saja orang-orang di foto tersebut dan di mana foto tersebut diambil," demikian deskripsi Facebook mempromosikan Moments. 

"Dalam sekali tap, Anda bisa mengirim foto-foto tersebut ke teman yang tepat. Teman Anda pun bisa menambahkan foto mereka ke Moments. Jadi, setiap orang punya foto yang diambil bersama," tulis Facebook. 




Nah, cara mudah untuk tetap menyimpan foto-foto yang sudah disinkronisasi sebelumnya, adalah dengan men-download Moments dan log in sebelum 7 Juli. 

Jika ingin menyimpan foto-foto tersebut tanpa menggunakan aplikasi Moments, Anda harus segera men-downloadnya sebelum dihapus Facebook. Caranya, masuk ke halaman profil Facebook, klik 'Photos', lalu 'Synced from phone'. Kemudian pilih foto-foto yang ingin disimpan. Di bagian bawah foto, klik 'Option' kemudian 'Download'. (rns/ash)