PERHATIAN! JANGAN ASAL MEMASANG KAWAT GIGI JIKA HANYA INGIN BERGAYA

Kawat gigi di zaman modern ini seolah menjadi penanda status sosial baru. Jika dahulu orang malu tersenyum karena berhias kawat gigi, maka sekarang seseorang justru bangga memamerkan deretan kawat gigi yang memiliki beragam warna tersebut. Itulah sebabnya, pemakai kawat gigi semakin ramai dari tahun ke tahun. Lalu, apakah perlu seseorang memasang kawat gigi pada giginya?



Pada dasarnya pemasangan kawat gigi pada seseorang tidak boleh sembarangan dengan kata lain tidak semua orang dianjurkan untuk memasang kawat gigi dan yang lebih penting lagi tidak semua dokter bisa melakukannya. Hanya dokter gigi spesialis ortodonti yang berwenang melakukan pemasangan gigi kawat. Jadi jika Anda berencana ingin memasang kawat gigi di ‘tukang gigi’ pinggir jalan sangat tidak direkomendasikan!

Seseorang yang dianjurkan untuk memasang kawat gigi adalah seseorang yang memiliki kondisi gigi yang ekstrim, seperti: giginya terlalu maju (tonggos) maupun seseorang yang memiliki gigi berjejal (crowded).

Jadi jika kondisi gigi Anda tidak terlalu ekstrem, sebenarnya tidak perlu memakai kawat gigi. Apalagi jika alasan Anda memasang kawat gigi karena ingin gaya dan mengikuti trend maka pemasangan kawat gigi tidak disarankan. Mengapa? Sebab tempelan kawat bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan gigi. Apalagi jika Anda tidak bisa membersihkan gigi dengan maksimal. Memakai kawat gigi seperti ini akan berakibat fatal buat kesehatan Anda.

Jika Anda memang direkomendasikan untuk memakai kawat gigi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter bedah mulut Anda. Jangan memasang kawat gigi pada ‘sembarang’ orang karena banyak sekali efek sampingnya, salah satunya bisa menyebabkan gigi goyang semua sampai strukur wajah berubah miring jika ada tulang alveolar (tulang disekitar akar gigi yang menahan pada tempatnya) yang terkikis.

Setelah pemasangan kawat gigi, Anda harus maksimal dalam perawatan gigi, salah satu contohnya adalah dengan menggosok gigi lebih sering. Dalam memilih gosok gigi juga mesti diperhatikan, dimana gosok gigi atau sikat gigi untuk pemakai gigi kawat haruslah khusus. Sedangkan untuk pemakaian pasta gigi bisa memakai pasta gigi biasa, tapi disarankan untuk memakai pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

Sumber : http://juragancipir.com/perhatian-jangan-asal-memasang-kawat-gigi-jika-hanya-ingin-bergaya/