Mendikbud kini keluarkan wacana sekolah SD,SMP,SMA harus tertib pulang hingga sore gimana tanggapan menurut kalian??

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menggagas pemabahan waktu jam belajar bagi peserta pendidikan dasar (SD dan SMP), baik negeri maupun swasta menggunakan sistem full day school (FDS), atau sekolah sehari penuh.
Menurut Muhadjir, sistem FDS pantas dibahas karena dapat meminimalisir penyimpangan para pelajar usai pulang sekolah. Sebab, saat ini pengawasan para orang tua lemah terhadap para anak usai pulang sekolah siang hari.

"Dengan sistem full day school ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi liar di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja," kata Mendikbud Muhadjir seperti dikutip dari laman Merdeka, Senin 8 Agustus 2016.
Bila sistem itu diterapkan, para siswa nantinya akan pulang sekolah lebih sore yakni pukul 17.00 WIB.
Muhadjir menyebutkan, kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan belajar agama sampai dijemput orang tuanya usai jam kerja. Kemudian anak-anak bisa pulang bersama-sama orang tua mereka, sehingga mereka tetap dalam pengawasan sepanjang hari.
"Akan ada banyak kesempatan untuk guru mendidik anaknya karakter yang ada dalam semangat nawacita itu," sambungnya.
Konsultasi dengan Wapres JK
Sebagai langkah nyata, Medikbud Muhadjir telah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas gagasan FDS. Mendikbud mengungkapkan, Wapres JK menyetujui program perpanjangan jam sekolah yang digagas, asal ada percontohannya.
"Saya sudah konsultasi ke beliau (Wapres JK) dan disarankan ada semacam pilot project dulu," ujar Muhadjir
Muhadjir menjelaskan bahwa gagasan sekolah sepanjang hari (full day school) sebenarnya sudah dijalankan oleh banyak sekolah, terutama sekolah swasta. (dwq)
Sumber : https://www.otonomi.co.id//regulasi/mendikbud-wacanakan-sistem-sekolah-sehari-penuh-1608086.html