Ternyata Komedo adalah Cacing yang Hidup Pada Pori Wajah Coba Cek di Hidungmu

Komedo merupakan salah satu masalah wajah yang sering dialami oleh orang dan ternyata komedo adalah cacing yang hidup pada pori wajah. Banyak cara yang telah dilakukan orang untuk menghilangkan komedo di wajah karena selain merusak penampilan ternyata komedo merupakan tempat hidup cacing di wajah. Benarkah itu?

Banyak diantara kita yang direpotkan dengan masalah komedo yang muncul di wajah, selain mengganggu penampilan, komedo juga dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Ada dua jenis komedo yaitu komedo putih dan juga komedo hitam. Komedo putih merupakan komedo yang terbentuk karena adanya sumbatan pori-pori wajah akibat debu dan kotoran yang tidak dibersihkan sehingga penyumbatan pori-pori ini dapat menyebabkan minyak wajah tidak dapat mengalir dan menumpuk pada pori-pori wajah sehingga terbentuk komedo putih, sedangkan komedo hitam terbentuk akibat komedo putih yang telah teroksidasi di permukaan wajah sehingga berwarna hitam. Jadi kedua jenis komedo ini merupakan benda mati, namun ternyata wajah kita jadi tempat hidup cacing yang bersarang di komedo. Cacing yang bersarang itu sejenis kutu yang hidup di wajah kita. Kutu apakah itu?

Akhir-akhir ini dunia kecantikan kulit telah dihebohkan dengan penemuan makhluk hidup yang bersarang di dalam komedo wajah. Makhluk ini adalah sejenis kutu yang berukuran sangat kecil. Makhluk hidup yang mampu hidup di dalam komedo dikenal dengan nama Demodex SP. Kutu atau cacing ini ternyata hidup di pori wajah, kutu ini mampu hidup di dalam komedo yang ada di wajah seseorang dan hanya ditemukan di sekitar area wajah yaitu pada bagian hidung dan juga disekitar mata. Tetapi Demodex ini ternyata juga dapat hidup di bulu-bulu manusia tak terkecuali bulu kelamin manusia.
Bagaimana bentuk fisik kutu komedo ini? Demodex memiliki bentuk tubuh seperti cacing yaitu panjang serta ukuran tubuhnya sekitar 0,3-0,4 mm, tubuhnya bersegmen dua dan transparan. Kutu ini memiliki kaki sebanyak 8 dan pendek. Demodex ini berkembangbiak dengan cara bertelur, kemudian menetas setelah 3-4 hari, setelah dewasa yaitu setelah seminggu maka makhluk ini akan mati dan terurai ke dalam pori-pori kulit.
Apakah Demodex ini berbahaya? Demodex yang hidup dalam komedo wajah tidak berbahaya karena pada dasarnya makhluk hidup ini sudah ada pada setiap manusia. Tetapi kutu ini dapat menyebabkan masalah pada orang-orang tertentu, yaitu orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah dan juga orang yang memiliki alergi terhadap kutu. Orang yang alergi dengan Demodex ini akan mengalami tanda-tanda alergi seperti gatal-gatal dan kemerah-merahan pada kulit.
Ada cacing dalam komedo di wajah, bagaimana cara mengantisipasinya? Agar kita terhindar dari Demodex ini maka kita harus menjaga kebersihan wajah, yaitu:
- Berwudhu 
Setiap muslim pasti akan berwudhu minimal 5 kali dalam sehari. Dengan sering berwudhu maka kotoran akan terbawa oleh air wudhu sehingga wajah akan semakin bersih. Hal ini dapat menghilangkan komedo di wajah yang merupakan tempat bersarangnya Demodex.
- Membersihkan wajah dengan pembersih wajah
Setelah make up dan sepulang bepergian sebaiknya bersihkan muka dengan menggunakan pembersih wajah sehingga pori-pori akan bersih dan juga kotoran yang menyumbat pori-pori akan terangkat dengan bersih. Jika pori-pori bersih maka tidak ada penyumbatan yang dapat menyebabkan timbulnya komedo di wajah.