Ayo Kita Mengenang!! Tonton FILM DOKUMENTER Pengkhianatan G 30 S PKI Sangat Menyedihkan...Tolong di Bagikan...



Fakta-fakta Film G30S Yang Dulu Wajib Ditonton. Bagi mereka yang masih duduk di bangku sekolah dasar pada era sebelum Reformasi pasti pernah menyaksikan film bertajuk ‘Pengkhianatan G30S/PKI’. Film garapan Arifin C Noer ini terus diputar oleh TVRI berulang-ulang kali setiap tanggal 30 September pukul 10.00 WIB.
Film ini dibuat dengan anggaran Rp 800 juta dengan durasi selama 3 jam 37 menit. Untuk menambah dramatisasi, film ini diklaim mengerahkan 10 ribu pemain utama maupun figuran. Dalam film ini, Arifin menyadur catatan sejarah dalam buku berjudul ‘Percobaan Kudeta Gerakan 30 September di Indonesia’. Kisah-kisah di dalamnya ditulis oleh sejarawan militer Nugroho Notosusanto dan investigator Ismail Saleh.
Sejak diluncurkan ke layar kaca, film ini langsung dinominasikan dalam ajang Festival Film Indonesia pada 1984. Dari 7 nominasi yang diberikan, ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ hanya mampu memenangi satu penghargaan saja, yakni skenario terbaik. Setahun berikutnya, film ini memenangi penghargaan film dengan penjualan terbaik di ajang yang sama.
Berikut Videonya :