Kamu Wajib Coba Bahan Alami yang Bisa Menjaga Kesehatan Ginjalmu Lihat Cara Membuatnya

Bayangkan apa jadinya bila ginjal tak berfungsi dengan baik. Sederet masalah kesehatan bakal berdatangan, mulai dari sulit buang air kecil, bengkak di sekitar mata dan kaki, bahkan yang lebih parah adalah batu atau gagal ginjal. Karenanya, penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan organ tersebut.

Menurut riset, ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan agar ginjal sehat. Di antaranya sebut saja olahraga teratur dan rajin mengonsumsi sejumlah makanan sehat, seperti putih telur, kembang kol, paprika merah, ikan, dan kubis. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di rumah.
Yang perlu kita siapkan hanyalah setengah cangkir jus cranberry serta setengah cangkir air jeruk nipis. Campur keduanya dan aduk hingga rata. Oh ya, hindari tambahan gula atau produk pemanis lainnya.
Diungkapkan periset, campuran jus cranberry dan air jeruk nipis sanggup mendetoksifikasi ginjal dan menjaganya tetap bersih dan sehat. “Dengan begitu, dirinya bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan ginjal pun dapat terbebas dari penyakit dan infeksi,” ujar ilmuwan yang dilansir Boldsky.
Peneliti menyarankan agar sebaiknya mengonsumsi minuman tersebut pada malam hari secara rutin. Kalau bisa setelah makan. Kata mereka (peneliti), “Pastikan banyak minum air putih setelah menenggak campuran tersebut.”
Nah, jika minuman ini bisa membuat ginjal sehat, adapula sejumlah minuman yang sejatinya perlu kita jauhi karena bisa mengancam kesehatan ginjal. Minuman tersebut meliputi kopi, teh, serta soda. Alasannya?
Kopi mengandung kafein yang berpotensi besar meningkatkan tekanan darah serta ginjal. Sedangkan teh mengandung oksalat yang cukup tinggi, dimana bisa menyebabkan gagal ginjal. Sementara itu, soda mengandung fruktosa yang bisa dibilang lebih jahat ketimbang glukosa. Ginjal otomatis akan terganggu apabila tubuh kelebihan fruktosa.