Selamat Datang iPhone 7 dan iPhone 7 Plus! Warna Baru, Kamera Ganda dan Tahan Air Harga Terjangkau Kantong Kita

Gelaran Apple Event 7 September 2016 resmi selesai. Acara yang bertempat di Bill Graham Civic Auditorium, San Fransisco ini digunakan Apple untuk merilis beberapa produk baru. Salah satunya adalah iPhone 7 dan iPhone 7 Plus! Penasaran dengan semua hal menarik di kedua perangkat ini? Simak 10 pembahasan yang diberikan oleh Phill Schiller dan sebelumnya mari simak video iPhone 7 dengan narasi suara dari Jony Ive:

1. iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dengan 2 Jenis Warna Hitam

Apple menghadirkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dalam 5 warna. Yaitu Silver, Gold, Rose Gold dan 2 warna Black. Pertama yaitu Black biasa dengan finishing doff dan Jet Black yang paling spesial. Ya, spesial karena iPhone 7 atau iPhone 7 Plus dengan warna Jet Black menggunakan finishingberkilap dan proses anodasi hingga 9 langkah!

2. Home Button Teknologi Baru

Apple mengklaim bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus menggunakan teknologi solid-state Home Button. Tombol yang lokasinya tidak berubah sejak iPhone generasi pertama ini, dibuat dengan teknologi yang lebih kuat, responsif dan sensitif terhadap tekanan. Bahkan Apple membuatnya dapat terintegrasi kepada Taptic Engine yang sebelumnya hanya bekerja untuk layar di iPhone 6s atau iPhone 6s Plus.
Dari penjelasan yang diberikan, pengguna dan pengembang aplikasi dapat mengakses Home Button untuk beberapa fitur baru. Yaitu Quick Actions, akses pesan, notifikasi, ringtone dan Taptic Engine API untuk pengembangan aplikasi. Tentunya karena bentuknya yang solid, Home Button ini juga mendukung teknologi berikutnya yaitu tahan air dan debu.

3. Tahan Air dan Debu

Apple akhirnya memikirkan fitur tahan air dan debu untuk perangkat mobile device buatannya secara serius. Ya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus sudah mengantongi sertifikasi IP67 protection standard untuk uji ketahanan terhadap air dan debu. Dari catatan yang tim MakeMac temukan, ini berarti keduanya lolos dari uji tahan debu secara total dan tahan terhadap immersion(pencelupan) di kedalaman 15cm – 1 meter.

4. Kamera

Kamera di iPhone 7

Teknologi 12MP dan optical image stabilization hadir untuk kedua jenis iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Pengguna juga dapat menghasilkan foto yang lebih tajam dan hasil terang di keadaan minim cahaya berkat aperture f/1.8 dan 6 elemen lensa penyusun. Beragam fitur tadi dapat membuat kamu memperoleh hasil foto dengan rentan warna yang lebih lebar dan dinamis.
Bicara kamera depan, Apple memberikan peningkatan berupa kamera 7MP yang diberi nama FaceTime HD camera. Pengguna dapat memperoleh hasil jepretan atau selfie yang lebih stabil dan tentu saja terang.
Lanjut untuk cahaya flash, ada teknologi Quad-LED True Tone yang diklaim memberikan kekuatan 50% lebih besar dibandingkan iPhone 6s. Ada juga teknologi baru di sensor yang diberikan untuk meredam efek flickering saat pengambilan foto atau video

Kamera Ganda di iPhone 7 Plus

Catatan menarik ada di kamera untuk iPhone 7 Plus. Apple memberikan 2 lensa terpisah yaitu Tele dan Wide. Pengguna dapat berganti dari mode jepret normal ke lensa kedua dengan kemampuan zoom hingga 2x untuk optical zoom dan 10x untuk digital zoom.
Apple juga memberikan bocoran untuk fitur baru yang masih dikerjakan, khusus untuk pengguna iPhone 7 Plus. Yaitu fitur Potrait di app Camera yang dapat menggabungkan hasil jepretan dari kedua lensa kamera 12MP yang digunakan, guna menghasilkan foto bokeh. Bagi kamu yang belum tahu, bokeh adalah istilah fotografi untuk hasil jepretan yang memberikan fokus utama di objek dan gambar latar belakang yang seakan terpisah atau tidak fokus.
Semuanya dibuat Apple dengan dukungan teknologi Machine Learning yang dapat memproses ratusan juta algoritma untuk foto. Semuanya bisa dikerjakan dengan sangat cepat, dalam hitungan tidak sampai 1 detik! Teknologi ini diberi nama Image Signal Processor.

5. Retina HD Display

Layar dengan teknologi Retina HD Display hadir di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus untuk memanjakan pengguna dalam menatap layar. Salah satunya adalah kehadiran spektrum warna dengan standar industri film berkat color gamut yang semakin ditingkatkan. Apple juga membuat layar di iPhone 7 dan iPhone 7 dapat bersinar lebih cerah hingga 25% dan tentunya mendukung 3D Touch.

6. Audio di iPhone 7

Teknologi port audio dengan jack 3.5mm memang sudah berumur 100 tahun. Untuk tahun 2016, Apple akhirnya memberanikan diri mencabut satu-satunya port analog tadi. Selain untuk mengejar produk yang lebih tipis dan mengganti dengan komponen lains, hilangnya port audio jack 3.5 mm juga membuat desain tahan air dan debu semakin mudah diciptakan.
Kini Apple memberikan EarPods dengan konektor Lightning dan juga adapter Lightning to audio 3.5 mm dalam kemasan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus. Jadi, pilihan ada di kamu ya. Apakah akan tetap setia dengan headphone lama lewat adapter atau menggunakan EarPods dengan konektor Lightning yang diberikan dalam paket penjualan.
Masih membahas audio, Apple juga memberikan fitur Stereo Speaker. Pengguna dapat menikmati dentuman suara yang lebih merata di bagian kanan dan kiri iPhone serta suara yang lebih keras hingga 2x lipat jika dibanding iPhone 6s.

7. EarPods

Melanjutkan pembahasan di atas, Apple mengubah EarPods ke teknologi Lightning demi mengejar kualitas audio yang lebih baik. Seperti yang kamu tahu, Lightning adalah konektor digital yang tentunya dapat mentransfer data lebih cepat dan stabil. Selain EarPods dengan Lightning, Apple juga menghadirkan produk baru, AirPods.

8. AirPods

Sesuai dengan namanya, AirPods adalah EarPods dengan teknologi nirkabel alias koneksi Bluetooth. Pengguna bisa mendapatkan akses tanpa repot untuk mendengarkan musik, memanggil Siri dengan sentuhan saja dan teknologi koneksi yang ekstra mudah. Yaitu tanpapairing manual, cukup keluarkan dari kotaknya dan langsung terhubung.
Bahkan Apple menjanjikan AirPods dapat didaftarkan lewat iCloud untuk setiap perangkat iOS atau komputer Mac yang kamu gunakan. Semua teknologi tersebut bisa dihadirkan berkatprocessor Apple W1 yang ada di dalamnya. Kita bahas AirPods di artikel terpisah ya!

9. Apple Pay

Teknologi pembayaran dari Apple Pay akan semakin ditingkatkan di iOS 10 dan juga iPhone 7. Salah satunya adalah kerjasama Apple dan layanan NFC dari Felica untuk pengguna di Jepang. Dalam waktu dekat, kamu yang tinggal di Jepang dapat memanfaatkan Apple Pay yang selama ini belum tersedia serta fitur Transit di Maps.

10. Performance

Apple memberikan bahasan lengkap untuk performa di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Mulai dari teknologi Apple A10 Fusion di CPU yang menggunakan 4-core CPU dalam 2 bagian. Yaitu 2 core CPU dengan kemampuan 2 kali lebih cepat dibandingkan iPhone 6 dan 2 core sisanya yang menggunakan kecepatan 1/5 dari bagian pertama – digunakan saat kebutuhan harian dan menghemat baterai.
Bicara GPU, Apple menggunakan teknologi terbaru yang membuatnya lebih cepat 3x lipat dibanding iPhone 6 dan 2 kali lebih cepat dibandingkan iPhone 6s. Silahkan mulai membuat list permainan dengan grafis high end untuk menguji performa ini ya!
Masih di bagian performa, untuk membuat kamu bisa menyimpan banyak dokumen dengan lebih lega, kini iPhone 7 dan iPhone 7 Plus hadir dalam 3 jenis kapasitas penyimpanan. Yaitu 32GB, 128GB dan 256GB!

Harga dan Ketersediaan?

Perangkat iPhone 7 dijual dengan harga $649, $749, $ 849 dan iPhone 7 Plus dengan harga $769, $869, $969. Khusus untuk warna Jet Black hanya tersedia pilihan storage 128GB dan 256GB ya. Apple juga memberikan layanan iPhone Upgrade Program untuk pengguna di negara Amerika Serikat, Tiongkok dan Inggris untuk kedua jenis iPhone baru ini.
Masa pemesanan untuk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus dibuka mulai 9 September 2016 di 25 negara terpilih yang sudah mendukung Apple Store atau Apple Online Store. Dari pengamatan tim MakeMac, negara yang paling dekat dengan Indonesia adalah Singapura, Australia dan Hong Kong.