SUBHANALLAH, Ini Dia Buah Penawar Sejuta Penyakit. SEBARKAN!!!

Anda pernah mendengar buat Tin? Buah tanpa biji ini sangat familiar bagi umat Muslim karena namanya termaktub dalam Al-Quran dan disebutkan dalam hadist Rasulullah Muhammad SAW.
Buah Tin ini disebutkan dalam Al Quran surat At-Tin.
" Demi buah tin dan buah zaitun, demi gunung thursina," (at-Tin: 1-2)
Buah ini juga disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh Abu Darda. Ia meriwayatkan sabda Nabi bahwa:"Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin.

Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok" (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma'aad )"
Kalau buah ini disebutkan dalam dua sumber hukum utama umat Muslim, maka diyakini kebenarannya bahwa buah ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Sumber asal juga manfaat yang besar menjadikan buah ini juga disebut sebagai buah dari syurga.

Dikutip dari California Fig-s Advisory, Nutritional, buah tin memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan lengkap, baik itu nutrisi dalam bentuk vitamin ataupun mineral. Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan alasan para ahli memposisikan buah tin sebagai buah super nutrition.

Berikut kandungan buat Tin.
- Energi 250 kcal 1040 kJ
- Karbohidrat 63.87 g
- Gula 47.92 g
- Dietary fiber (serat) 9.8 g
- Lemak 0.93 g
- Protein 3.30 g
- Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
- Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
- Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
- Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
- Vitamin B6 0.106 mg 8%
- Magnesium 68 mg 18%
- Folat (Vit. B9) 9 µg 2%
- Vitamin C 1.2 mg 2%
- Zinc 0.55 mg 6%
- Kalsium 162 mg 16%
- Iron 2.03 mg 16%
- Fosfor 67 mg 10%
- Potassium 680 mg 14%

Buah ini sudah begitu banyak di Indonesia. Namun, masih sangat jarang masyarakat untuk  mengonsumsinya. Mungkin saja karena harganya masih tergolong mahal. Buah ini juga kerap menjadi oleh-oleh bagi mereka yang melaksanakan ibadah Haji atau Umrah.
Dikutip dari laman manfaat.co.id, buah tin sangat bermanfaat bagi kesehatan.Berikut ini adalah 18 Manfaat yang terkandung dalam Buah Tin yang perlu Anda ketahui:

1. Anti bakteri, virus, dan jamur. Buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.
2. Diet. Buah ini cocok untuk orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Menambahkan manfaat apel dan buah tin, dapat menjadi cemilan enak saat diet.

1. Anti bakteri, virus, dan jamur. Buah tin mampu membunuh bakteri pengganggu kesehatan. Kandungan buahnya dapat membunuh mikroorganisme yang bisa menyebabkan virus dan jamur.
2. Diet. Buah ini cocok untuk orang-orang yang sedang melakukan program penurunan berat badan. Menambahkan manfaat apel dan buah tin, dapat menjadi cemilan enak saat diet.
3.  Pembentukan sel darah merah. Buah ini memicu pembetukan sel darah merah (hemoglobin) sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita anemia. Selain itu, peningkatan darah merah juga mengoptimalkan daya ingat serta mengurangi kelelahan.
4. Menjaga sistem pencernaan. Tidak hanya manfaat buah pepaya yang mampu memperlancar pencernaan, namun buah tin juga dapat mengatasi sembelit atau susah buang air besar
5. Menurunkan resiko penyakit jantung. Kandungan omega 3 dan kalium, mencegah terjadinya jantung koroner. Zat kalium ini juga banyak terdapat pada manfaat pisang dan manfaat mangga.
6. Mengandung Kalsium Tinggi. Kandungan kalsiumnya sama seperti manfaat susu yang akan mempercepat pertumbuhan gigi dan tulang. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah tin bermanfaat untuk mencegah keropos tulang.
7. Mengobati Asam Urat. Memperkuat tulang dan sendi sehingga cocok dikonsumsi bagi penderita asam urat.
8. Membantu Pengobatan Asma - Membantu pernapasan bagi penderita asma
Tekanan darah. Menjaga tekanan darah tetap stabil, sehingga menghindari resiko darah tinggi.
9. Mengurangi Resiko Kanker Prostat. Dapat mengurangi resiko kanker prostat karena mengandung coumarin.
10. Pengganti Susu. Buah tin mengandung kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pengganti susu bagi penderita alergi produk susu. Hal ini sama seperti manfaat susu kedelai yang dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi.
11. Membantu tidur. Buah tin bisa membuat tidur lebih nyenyak dan menghindarkan insomnia karena kandungan trytophan. Seperti yang terdapat pada manfaat coklat.
12. Mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah karena mengandung pektin. Zat ini dapat menurunkan lemak yang terkandung dalam karena mengandung trigliserida.
13. Penangkal Tumor. Mengandung benzaldehid serta fenol yang berkhasiat sebagai zat yang menangkal tumor.
14. Mengontrol Gula darah - Serat yang terdapat dalam buah tin berguna untuk memperlambat penyerapan gula atau glukosa pada usus kecil. Buah tin juga dapat mengontrol kandungan gula darah karena mengandung fruktosa.
15. Mengobati luka. Caranya sangat mudah, masak buah tin kering hingga mandidih, lalu dicampur dengan susu. Setelah masak, dinginkan ramuan bauh tin ini, kemudian balut bagian luka dengan mengoleskan ramuan ini.
16. Merawat kulit wajah. Buah tin juga bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Rutin mengkonsumsi buah tin ini, cukup dihaluskan dan dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah.
17. Obat usus dan lambung. Pengobatan usus dan lambung ini dibuat dengan, 6 buah tin yang dipotong-potong. Lalu campurkan manfaat minyak zaitun dan potongan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, diamkan selama semalam. Setelah itu ramuan ini siap untuk diminum.
18. Menjaga kesuburan. Buah tin bisa meningkatkan sperma dan kesuburan bagi seseorang karena mengandung anti oksidan yang sangat tinggi. Anti oksidan tersebut lah yang berperan melindungi asam lemak sperma dan menghindarkan dari kerusakan.