Trik Agar Makeup Awet Meski Kulit Wajah Kita Berminyak

Memiliki kulit berminyak mungkin membuat kita jengkel. Mengapa? Produksi minyak berlebih pada jenis kulit ini membuat makeup jadi mudah luntur. Kita pun jadi harus sering-sering touch up agar wajah terlihat segar setiap saat. Tapi, masalah tersebut sebenarnya tidak akan terjadi jika kita tahu cara menyiasatinya.

Tiap manusia memiliki kelenjar sebasea pada jaringan kulit terdalamnya. Kelenjar ini dapat memproduksi minyak guna menjaga kesehatan kulit. Namun, kelenjar ini bekerja terlalu aktif pada orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Pada wajah, minyak berlebih dapat terlihat jelas pada zona T (dahi, hidung, dan dagu).Meski begitu, minyak pada wajah dapat disembunyikan dengan mengaplikasikan produk makeup dengan cara yang benar dan sesuai dengan kondisi kulit kita. Berikut tipsnya:
  • Selalu siapkan kulit dengan mengoleskan  primer setidaknya pada zona T sebelum memakai foundation, bedak, dan produk lainnya. Tindakan ini dapat membantumakeup melekat pada wajah. Sebelum mengoleskannya, jangan lupa cuci muka kita terlebih dahulu, yah. Gunakan sabun cuci muka yang mengandung glycolic acids atau salicylic acid. Kandungan ini bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah.
  • Disarankan untuk memakai produk makeup yang berlabel oil-free mulai dariprimerfoundationBB cream, tabir surya, blush on, dan bedak.
  • Agar terhindar dari bahaya sinar Ultraviolet (UV), kita bisa memakai tabir surya. Ada teknik yang bisa kita lakukan agar tabir surya tidak membuat wajah berminyak. Caranya dengan menekan wajah yang telah dioleskan tabir surya dengan tisu. Setelah itu kita bisa bebas melukis wajah dengan makeup.
  • Beberapa jam setelah memakai makeup, mungkin kita pernah melihat ada kerak pada riasan mata. Untuk menghindari hal itu, hindari penggunaan concealer pada kelopak mata. Dianjurkan memakai primer khusus kelopak mata agar eye shadowdapat melekat dengan sempurna. Pilih juga produk riasan mata yang tahan lama dan tahan air.
  • Jika ingin mengoleskan pelembap, disarankan memakai produk bertekstur ringan seperti serum. Pelembap dalam bentuk serum bisa melembapkan kulit tanpa harus membuatnya terlihat berminyak.
  • Selama ini mungkin kita berpikir, semakin banyak bedak yang kita pakai maka semakin terbebas pula wajah kita dari minyak. Tapi pemikiran itu salah. Terlalu banyak bedak yang kita bubuhkan justru merangsang pori-pori pada kulit wajah untuk memproduksi banyak minyak. Jadi, bubuhkan bedak pada area yang berminyak saja. Disarankan untuk memilih jenis bedak yang memiliki formulamatte translucent.
Selalu siapkan kertas minyak di dalam tas. Kertas ini bisa menjadi penyelamat ketika minyak pada wajah sudah mulai terlihat. Cara memakai kertas minyak yang benar adalah dengan menekannya pada area yang berminyak. Hindari menggosok-gosokan kertas minyak pada kulit wajah.
Jadi, tidak perlu sebal karena memiliki kulit berminyak. Kita masih bisa terlihat segar dengan kondisi kulit wajah seperti ini asal tahu triknya. Lagipula, memiliki kulit berminyak tidak selalu buruk, kok. Sentuhan minyak pada wajah bisa membuat kulit kita terlihat lebih sehat. Selain itu, kulit wajah jadi tidak mudah keriput karena ada minyak yang selalu melembapkannya.
Agar produksi minyak tidak berlebihan dan tidak memicu timbulnya jerawat, disarankan untuk rutin mencuci wajah pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Memakai masker yang terbuat dari kaolin atau bentonite clay seminggu sekali atau dua minggu sekali juga bisa mengatasi kelebihan minyak pada wajah.