Wanita Cantik dan Sholehah!! Inilah Ragam Cara Menghilangkan Bintik Hitam Di Wajah Secara Alami

Dengan mempraktikkan cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami ini, ucapkan selamat tinggal pada bercak, noda, dan flek yang tak diundang pada muka Anda.

Gelap atau tidaknya warna kulit ditentukan oleh banyaknya zat warna (pigmen) yang dinamakan melanin dalam kulit. Jika terlalu banyak melanin dalam tubuh, otomatis warna kulit akan menjadi lebih gelap. Namun, menurut dokter kulit, ada kalanya produksi melanin menjadi lebih banyak hingga membuat warna kulit menjadi lebih gelap untuk melindungi kulit akibat berbagai kerusakan. Contohnya paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berlebihan dan peradangan. Bekas jerawat, perubahan hormonal, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa membuat kulit menjadi lebih gelap.Perubahan warna kulit mungkin paling mudah dilihat dari wajah. Jika ada noda, flek, atau bintik hitam di wajah, itu bisa saja ditimbulkan oleh salah satu penyebab di atas. Bintik hitam di wajah memang bukan hal yang diinginkan oleh setiap orang, terutama kaum wanita. Berbagai cara pun dilakukan untuk menyamarkannya, seperti menggunakan makeup. Namun Anda tidak perlu khawatir, bintik hitam di wajah bisa diatasi dengan mudah dan aman. Berikut cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami.
Lemon
Untuk menghilangkan bintik hitam di wajah, Anda bisa membuat masker madu dan lemon. Caranya, campur air perasan dari setengah butir lemon dengan dua sendok teh madu. Oleskan campuran ini ke bintik-bintik hitam di wajah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Anda juga bisa mengoleskan langsung air perasan lemon ke bintik hitam di wajah tanpa dicampur apa pun. Diamkan selama 10 menit sebelum dibilas dan lakukan tiap tiga kali dalam seminggu.
Lidah buaya
Cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang lain adalah dengan menggunakan lidah buaya. Caranya, patahnya sedikit lidah buaya, remas daging lidah buaya tersebut, dan oleskan langsung ke bintik hitam di wajah.
Pepaya
Iris tipis buah pepaya dan tempelkan pada bintik-bintik gelap di wajah selama 20-30 menit. Untuk mendapatkan hasil terbaik, ulangi perawatan ini dua kali sehari. Buah pepaya juga bisa Anda dihancurkan hingga halus terlebih dahulu sebelum dioleskan ke wajah dan leher. Biarkan selama sekitar 30 menit, kemudian bilas hingga bersih.
Cuka apel
Oleskan cuka apel ke bintik-bintik gelap di wajah dengan bola kapas dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas, sebagai salah satu cara menghilangkan bintik hitam di wajah.
Bawang putih
Potong satu siung bawang putih dan gosokkan ke bintik-bintik hitam di wajah. Atau, Anda juga bisa menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya ke kulit. Biarkan “jus” bawang putih tersebut selama 30 menit sampai satu jam, baru kemudian dibilas hingga bersih.
Kentang
Cara menghilangkan bintik hitam di wajah yang terakhir adalah dengan menggunakan campuran kentang dan madu. Anda cukup memarut kentang ukuran sedang ke dalam mangkuk dan tambahkan madu secukupnya. Oleskan campuran tersebut ke bintik-bintik hitam di wajah Anda. Biarkan selama sekitar 15 menit, bilas dengan air dingin.
Daripada mempraktikkan cara menghilangkan bintik hitam di wajah, ada baiknya jika bercak tersebut justru dicegah agar tidak muncul sama-sekali. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu memakai tabir surya (sunscreen) tiap hari, topi, dan menghindari paparan sinar matahari langsung.
Pastikan untuk mencoba cara menghilangkan bintik hitam di wajah jika Anda ingin mencoba beragam metode alami di atas. Oh iya, perhatikan pula bentuk bintik hitam yang ada di wajah Anda. Jika ukurannya membesar, tidak simetris, warnanya tidak merata, dan terasa gatal atau bahkan berdarah, segera konsultasi ke dokter ahli kulit. Karena itu merupakan tanda-tanda melanoma atau kanker kulit.