JPU Sidang Jessica: Kami Ingin Buktikan pada Dunia, Siapa Pembohong Sebenarnya

Kabarnetizen.com - Salah satu jaksa penuntut umum kasus kematian Wayan Mirna Salihin, Maylany, menyebut kuasa hukum terdakwa Jessica Kumala Wongso bohong ketika mempertanyakan soal lima gram sianida.


"Faktanya, berdasarkan keterangan ahli toksikologi forensik, dr Nursamran Subandi, atas pertanyaan Ketua Majelis Hakim, Nursamran menyatakan, ada lima gram sianida yang terdapat di dalam gelas es kopi vietnam tersebut."
"Silakan dilihat di YouTube pada menit ke-18 detik ke-7 sampai di menit ke-18 detik ke-48. Keterangan ini dikutip secara detail oleh penasehat hukum dalam pleidoinya pada halaman 1.618," kata Maylany di hadapan majelis hakim.
Hal itu diungkapkan Maylany pada sidang lanjutan kasus kematian Mirna dengan agenda replik di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).
Pada sidang dengan agenda tuntutan, 5 Oktober 2016 lalu, penuntut umum menyebutkan Jessica terbukti memasukkan lima gram sianida ke dalam gelas es kopi vietnam yang kemudian diminum oleh Mirna.
Perihal lima gram sianida ini turut disertakan dalam materi pleidoi atau nota pembelaan pihak Jessica pada sidang berikutnya, tanggal 13 Oktober 2016. Saat itu, kuasa hukum Jessica, Otto Hasibuan, menilai pernyataan penuntut umum tentang lima gram sianida mengada-ada, spekulatif, dan bohong.
Otto turut menyinggung tentang tidak adanya saksi mata yang mengaku melihat Jessica menaruh sianida ke dalam gelas kopi Mirna.
"Dengan ini, kami ingin membuktikan kepada dunia, siapa pembohong yang sebenarnya," ucap Maylany.
Pada agenda sidang tuntutan, penuntut umum menjabarkan, Jessica pindah dari posisi duduknya ke tengah sofa ketika menunggu di Kafe Olivier. Posisi duduk Jessica saat itu disebut penuntut umum tidak terpantau CCTV nomor tujuh yang terhalang tanaman hias dan CCTV nomor sembilan yang terhalang pembatas serta dedaunan.
Selain itu, Jessica juga disebut menaruh tiga paper bag agar aktivitasnya di sana tidak terlihat sama sekali. Namun, tetap terlihat gerakan tangan Jessica mengambil sekitar lima gram sianida dari tasnya dan memasukkan sianida ke gelas berisi es kopi vietnam milik Mirna.

Sumber : http://megapolitan.kompas.com/read/2016/10/17/16303091/jpu.sidang.jessica.kami.ingin.buktikan.pada.dunia.siapa.pembohong.sebenarnya