Mengapa Ada Orang Rajin Shalat tapi Tetap Berbuat Keji?

Kabarnetizen.com - “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar.” (QS. Al ‘Ankabut: 45)
Sahabat Ummi, sungguh mengherankan yaa kalau mengetahui ada orang yang rajin shalat namun tetap bermaksiat atau mengerjakan perbuatan keji.
Misalnya, ada orang yang shalat tapi tetap berzina, rajin shalat tapi dengan santai mengerjakan perbuatan kaum Nabi Luth, selalu shalat 5 waktu tapi tak sungkan melakukan korupsi.

Mengenai fenomena ini, Al Hasan berkata:

Barangsiapa yang melaksanakan shalat, lantas shalat tersebut tidak mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, maka ia hanya akan semakin menjauh dari Allah.” (Dikeluarkan oleh Ath Thobari dengan sanad yang shahih dari jalur Sa’id bin Abi ‘Urubah dari Qotadah dari Al Hasan)

Sedangkan Rasulullah dalam sebuah haditsnya menyatakan bahwa semestinya shalat yang dilakukan seseorang membuatnya tercegah dari melalukan hal keji:
Ada seseorang yang pernah mendatangi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ia berkata, “Ada seseorang yang biasa shalat di malam hari namun di pagi hari ia mencuri. Bagaimana seperti itu?” Beliau lantas berkata, “Shalat tersebut akan mencegah apa yang ia lakukan.” (HR. Ahmad 2: 447, sanadnya shahih kata Syaikh Syu’aib Al Arnauth).
Jika masih juga melakukan perbuatan keji? Artinya ada yang salah dalam shalatnya, mungkin ia tidak menghadirkan hatinya untuk menghadap Allah, mungkin ia shalat tidak ikhlas... Hanya sekadar riya' agar pencitraan terjaga baik di hadapan manusia, intinya... Shalatnya harus diperbaiki karena pasti ada masalah dengan shalat yang dilakukannya tersebut. Wallaahualam.
Foto ilustrasi: google

Sumber : http://www.ummi-online.com/