Mungkin Para Istri Blum ada yang Tahu, Inilah Hak dan Kewajiban Anda Terhadap Suami Menurut Islam Istri Wajib Baca!

Kabarnetizen.com – Setiap manusia memiliki hak dan kewajiban yang harus dilakukan secara seimbang, begitupun dalam kehidupan rumah tangga terutama bagi seorang istri. Dalam Islam, hak dan kewajiban istri terhadap suami harus terpenuhi, karena setelah menikah, seorang istri haruslah taat kepada suami.
Lantas, apa saja hak yang didapatkan istri dan kewajiban yang harus dilakukan oleh istri pada suaminya dalam pandangan Islam?.
Berikut empat kewajiban istri terhadap suaminya:
Menaati Perintah atau Perkataan Suami
Ketika seorang wanita memutuskan untuk menikah maka suami adalah imam dalam keluarganya yang harus dipenuhi. Seorang istri haruslah menaati apa yang diperintahkan oleh suaminya. Hal itu, jika yang diperintahkan suami adalah demi kebaikan atau masih di jalan Allah maka istri harus melakukannya.
Bersedia Memenuhi Kebutuhan Biologis Suami
Bagi mereka yang sudah menikah maka dihalalkan bercinta, bahkan menjadi salah satu hal penting sebagai penyalur dorongan biologis. Ketika suami mengajak istrinya untuk bercinta, maka seorang istri harus bersedia untuk memenuhinya. Kecuali beberapa hal, seperti sedang puasa atau istri sedang menstruasi.
Menjaga Nama Baik Suami
Sebagai seorang istri, hendaknya Anda menjaga nama baik suami di depan orang lain. Setiap orang pastilah memiliki kekurangan, dalam pernikahan pun juga memiliki masalah. Akan tetapi, Anda dianjurkan untuk selalu menjaga aib keluarga agar tidak diketahui oleh orang lain.
Memenuhi Kebutuhan Suami
Ketika suami memberikan nafkahnya, maka istri haruslah menggunakan uang tersebut dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan suami, seperti makan, minum, pakaian dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar suami bersemangat dalam bekerja mencari rezeki.
Hak Seorang Istri:
Mendapatkan Perlindungan
Sebagai seorang suami, sudah sewajarnya Anda menjaga keluarga dari bahaya yang mengancam. Oleh karena itu, hak seorang istri adalah mendapatkan penjagaan atau perlindungan dari suaminya. Ketika bahaya mengancam, si suami haruslah berdiri di barisan paling depan untuk melindungi istrinya.
Mendapatkan Nafkah
Nafkah yang dimaksud tidak hanya nafkah lahir tapi juga batin. Seorang suami haruslah memenuhi nafkah lahir seperti memberikan uang belanja, uang merawat diri, dan lain sebagainya.
Nafkah batin dapat berupa pemenuhan hubungan bercinta. Sebagai pasangan suami istri, hubungan bercinta memang sudah dihalalkan, sehingga mereka dapat melakukannya untuk meneruskan keturunan.
Mendapatkan Ajaran Islam
Seorang suami hendaknya membimbing istrinya di jalan Allah. Ketika suami istri telah menikah, maka mereka harus menjadi pribadi yang lebih baik dengan ajaran Islam.
Mendapatkan Kasih Sayang
Seorang wanita memiliki perasaan yang lembut dan halus. Sebagai seorang suami haruslah memperlakukan istrinya dengan baik. Hal ini telah dicontohkan oleh Rasulullah, betapa lembutnya Rasulullah memanggil dan memperlakukan istri-istrinya.
Sebagai seorang istri, Anda harus sadar akan hukum Islam tentang hak dan kewajiban pada suami agar Anda tidak salah dalam berperilaku di jalan Allah. (galamedianews.com/Salimah)