Sudah Doakan Orangtua Tiap Sehabis Shalat?

Kabarnetizen.com - Sahabat Ummi, apakah merasa cukup hanya mendoakan orangtua setahun sekali atau seingatnya saja? Padahal Allah telah menyuruh kita untuk bersyukur padaNya dan bersyukur pada kedua orangtua.

"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya: ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah dan meyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepadaKulah kembalimu." (QS. Luqman : 4)
Rasanya penting untuk senantiasa mengingat orangtua dalam doa kita sehabis shalat maupun dalam sujud ketika shalat, karena ketika sujud ada anjuran dari Rasulullah untuk memperbanyak doa.
Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.” (HR. Muslim no. 482, dari Abu Hurairah)

Sekalipun pernah merasa kecewa atau benci pada orangtua sendiri, namun berbuat baiklah pada keduanya dengan mendoakan hal-hal yang baik karena tanpa mereka, tidak akan ada kehadiran kita di dunia ini. 
 Mendoakan orangtua menjadi bukti kesyukuran kita terhadap mereka dan tentu saja pada Allah. 
Tidak perlu berdoa yang panjang-panjang, dalam al Qur'an telah termaktub cara berdoa untuk kedua orangtua yang begitu ringkas namun dalam maknanya untuk kehidupan dunia dan akhirat:
“Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku.” (QS. Nuh : 28)
“Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24)
Semoga kita bisa merutinkan berdoa untuk kedua orangtua setiap harinya, dan tidak sekadar mendoakan kebutuhan diri sendiri saja.
Foto ilustrasi: google