Terungkap! 5 Fakta Ini Akhirnya Menjelaskan Siapa Sebenarnya Fir’aun

Kabarnetizen.com - Belum banyak dari kita yang tahu kalau Fir’aun yang sering disebut-sebut dalam Kitab suci Al Qur’an adalah nama orang. Fir’aun adalah nama gelar bagi raja-raja yang dulu berkuasa di Mesir. Ia bernama asli Ramses II, yang mana merupakan Fir’aun ke 3 dari dinasti ke 19.

Ramses II ini sangat kuat karena ia mampu membuat catatan yang luar biasa dalam sejarah pembangunan negaranya, ia bahkan terkenal sampai ke luar negeri yang terlihat dari perjalanan yang dilakukannya seperti ke Israel, Lebanin dan Suriah.
Karena kekuasaanya dan keberhasilannya dalam memimpin Mesir membuatnya menjadi sombong dan semena-mena. Ia bahkan menganggap dirinya adalah Tuhan, ia tidak segan menindas bangsa yang lemah seperti Bani Israel.
Dan ternyata tanpa banyak yang tahu kalau ada beberapa fakta yang menyebutkan kalau setelah Ramses II tewas tenggelam di laut Merah, jasadnya sampai saat ini masih tersimpan rapi di Museum Nasional Mesir Bulaq.
Berikut beberapa fakta menarik lainnya..

1. Jasad Fir’aun dikafani dan ditaruh dalam peti kayu yang sederhana

Penjarahan kuil dan kuburan terus berlangsung dan kian menjadi-jadi setelah Ramses II meninggal. Kemudian kepala Rahib Amun pun mengambil keputusan untuk menjaga jasad para Fir’aun, termasuk jasad Ramses II. Jasad-jasad itu kemudian dibungkus dengan kafan bagian luar yang baru dan diletakkan di peti dari kayu yang sederhana untuk mengelabui para penjarah. Ia dikuburkan di kuburan ayahnya, Seti II, bersama kelompok jasad para Firaun terdahulu. Peristiwa pengafanan dan penguburan kembali Ramses II terjadi pada tahun 1089 atau sekitar 127 tahun setelah kematiannya.

2. Jasadnya dikuburkan di kuil laut yang tersembunyi

Kuil ini khusus untuk menyimpan jasad para mumi Fir’aun. Kuil ini semula adalah kuburan dari Ratu Hatshepsut yang ada di kuil laut Dayr al-Bahri yang kemudian digunakan untuk mengubur jasad para Fir’aun oleh keluraga istana untuk mengelabui para penjarah. Kemudian semua akses ke kuburan dan semua simbol dihilangkan, kuburan ini aman tanpa diketahui orang umum sampai 2800 tahun lamanya.

3. Jasadnya ditemukan oleh seorang petani

Pada tahun 1872 M secara tidak sengaja seorang petani menemukan jalan masuk ke kuil laut tersembunyi tersebut. Akibat penemuannya ini ia melakukan penjarahan besar-besaran terhadap semua harta benda yang berada di dalamnya. Penjarahan itu sendiri berlangsung selama 10 tahun lamanya. Betapa sangat banyak harta benda yang dimiliki para Fir’aun tersebut, yang antara lain perhiasana emas mutiara dan lain-lainnya.

4. Kuil Laut tersembunyi digali secara arkeologis pada tahun 1881

Pada tanggal 6 Juli 1881 para petugas Lembaga Arkeologi Mesir memulai penggalian kuburan para mumi Fir’aun tersebut. Penggalian ini melibatkan 300 pekerja, dua hari kemudian mampu mengangkut dan memindahkan semua benda yabg tersimpan di dalamnya. Kemudain hasil penemuan itu disimpan di Museum Nasional Mesir di Bulaq yang berada di Kairo.

5. Jasad Ramses II dalam posisi seperti sedang menangkis

Saat ditemukan posisi jasad Ramses II seperti dalam posisi menangkis, ini berbeda dengan jasad mumi lainnya yang tangannya berada di atas dada. Posisi ramses II ini saat sedang melawan ombak yang menyerangnya ketika Laut Merah terbelah sesaat setelah rombongan nabi Musa melintasinya. Menurut penelitian, saraf Ramses II dalam keadaan tegang luar biasa yang kemudian dilanjutkan dengan ototnya yang mengejang. Tangan kirinya kaku karena memegang lengan yang digunakan untuk menangkis ombak air laut.
Mari belajar sejarah dengan membagikan artikel ini ke teman-teman kamu..
Sumber : www.selipan.com